Selasa, 15 Maret 2011

SURABAYA STREET ART FORUM

"BANYAK WARNA SATU SURABAYA"




Geliat perjalanan seni visual jalanan (street art) di Surabaya memang tidak selama kota kota besar lainnya ,seperti Jogjakarta dengan mural nya yang di mulai sekitar tahun 1995-an oleh teman2 Apotik Komik (Samuel Indratma) ,Lembaga Kebudayaan Taring Padi tahun 1998-an dengan serangan mural dan wood cut nya yang khas dan gerakan teman teman bomber seperti Love Hate Love hingga Jogjakarta dikenal sebagai kota mural dan semua geliatnya kini telah berteman dengan warga dan Pemda setempat,dll.Kemudian geliat Jakarta oleh gerombolan artcoholic dengan invansi jalanannya sekitar 1999-an. Kota kota lain seperti Bandung,Solo,dll juga demikian.


Menilik dari proses perjalanan tiap-tiap kota tersebut dengan kharakteristik-nya masing masing,tidak menutup kemungkinan bahwa gerakan tiap-tiap kota tersebut memiliki strategi masing masing untuk menghidupkan seni jalanan (streetart) agar dapat diterima oleh khalayak luas,selain memperkuat jaringan antar pelaku street art,wacana seputar street art pun terus digulirkan.
Untuk geliat Surabaya sendiri,masih bisa dilacak sekitar 2000-an oleh teman2 Iconic dengan invansi stencil-nya,Angel mural dan Bunuh Diri yang bergerak di seni muralnya hingga Monica Never Comes dan Naw cru yang telah tercatat sebagai kumpulan yang terus menerus membombardir dengan seni graffitinya,Lalu gerakan dari teman-teman Petra yang dimotori oleh Tiada Ruang (Obed) sebagai gerakan yang masih bisa berkompromi dengan menggandeng pihak-pihak lain untuk turut menjalankan project “memuralkan Surabaya”, kemudian banyak lagi bermunculan group-group/tim/crew yang ikut menghidupkan street art di Surabaya seperti SAS,CEMIX, Artclinic,dll.
Dari semua penjabaran singkat di atas,dapat ditarik kesimpulan bahwa geliat gerakan seni jalanan (streetart) di Surabaya juga cukup memiliki perjalanan yang panjang.Untuk itu acara Surabaya Street Art Forum ini diadakan dengan tujuan untuk lebih mempererat jaringan dan gerakan dari tiap-tiap pelaku street art di Surabaya sebagai wadah untuk saling bertukar wacana,dan juga sebagai ajang dimana dunia street art di Surabaya masih bergeliat.
Adapun agenda dari acara ini adalah sebagai berikut :
1.Presentasi oleh tiap-tiap crew/personal.
2.Diskusi bersama untuk membahas dunia streetart dan permasalahannya.
3.Ganbar bareng sebagai wujud penghargaan bagi pelaku-pelaku street art .
4.Pemutaran video-video street art (screening) local dan internasional.
5.Mini Bazaar (lapakan)

Adapun penjelasan tiap-tiap teknis dari agenda acara tersebut adalah sebagai berikut :

1.Presentasi tiap-tiap crew/personal
Di agenda acara di jam pertama ini adalah dimana tiap-tiap crew/tim/personal menjelaskan tentang semua yang ada dalam kegiatan tiap-tiap crew/personal mengenai proses terbentuknya crew,visi misi crew hingga yang lain sebagai bentuk tukar wacana dan pengalaman kepada pelaku-pelaku street art yang lain.
Untuk itu bagi tiap-tiap crew/personal yang ingin ikut serta dalam acara presentasi wajib mendaftarkan sebelum tanggal 17 maret 2011 (untuk bisa kami list dalam rundown acara dan publish di media poster).
Untuk sementara, crew/personal yang telah bersedia ikut serta adalah :
a.Cemix Artcore
b.Never Over Forever (NOF)
c.Angel Mural Surabaya
d.Gerilya Mural Surabaya
e.Ungle Twist
f.ZOS (Semarang)
Kami membatasi jumlah peserta presentasi sebanyak 10 crew/personal dan durasi presentasi tiap-tiap crew adalah 15 menit.Maka bagi yang telah bersedia mohon untuk mengkonfirmasi ulang dan bagi yang berminat ikut serta mohon menghubungi – 08563437206 atau email – bunuhdiri_revolt@yahoo.com.
Bagi tiap-tiap peserta presentasi waktu acara dimohon untuk membawa materi :
a.Penjelasan tiap-tiap crew untuk bahan presentasi
b.Foto-foto dokumen karya,logo crew,dll untuk materi screening saat presentasi.

2.Diskusi Bersama
Acara diskusi ini kami mulai setelah acara presentasi tiap crew selesai dan berdurasi sekitar 1 jam-an.Tema diskusi adalah “ Warna-warna Surabaya & Permasalahannya” (untuk tema diskusi bisa berubah sewaktu waktu).Format diskusi adalah bebas dengan pembicara sebagai berikut :
a.Yzrl (ZNC) Surabaya – Pembicara
b.Xgo (BNDR) Surabaya – Pembicara
c.Mawut (Lorong Syncicate) Solo – Pembicara
d.Arik (Tang Lebun) – Moderator

3.Gambar Bareng
Setelah acara diskusi,berlanjut di acara santai berupa gambar bersama dengan spot di sekitar area acara (Tang Lebun) dengan format spot tembok ukrn. 4x1 m & asbes ukrn. 5x1 m.Bagi yang ingin ikut serta dalam acara gambar bareng di mohon membawa bahan2 sendiri (cat semprot,cat tembok,kuas,dll),namun kami juga akan menyediakan beberapa bahan seperlunya untuk bahan gambar bareng.Konfirmasikan kepada kami bagi yang ingin ikut serta agar dapat kami list,karena batas maksimal untuk spot gambar sekitar 5-6 an orang.

4.Pemutaran Video-Video Street Art
Acara pemutaran video berlangsung dengan acara gambar bareng yang akan diputar di dalam ruangan dskusi.Bagi teman-teman jika ada materi video-video seputar street art bisa dibawa untuk diputar dalam acara pemutaran video-nya (screening).

5.Mini Bazaar (Lapakan)
Mini bazaar kami adakan sebagai pelengkap acara dimana teman teman semua dapat berjualan seputar produk produk seperti – kaos crew,stiker,capz,emblem,dll.Konfirmasikan kepada panitia bazaar jika ingin menitipkan beberapa produk jualannya agar bisa kami list.Stand mini bazaar kami jadikan satu meja dan akan di handle oleh panitia acara.

Demikian penjelasan teknis seputar acara “ Surabaya Street Art Forum “ dengan tema “ Banyak Warna Satu Surabaya “kami tawarkan kepada teman-teman sesama pelaku street art di Surabaya dan lainnya.
Semoga penjabaran ini dapat sampai di teman-teman semua,jika ada yang kurang paham dapat menghubungi kami.Kami harap keikut sertaan teman-teman semua pelaku street art supaya acara sederhana ini dapat berjalan lancar dan dapat di jadikan wadah untuk ber wacana dan saling bertukar ilmu dan pengalaman.Respect!!!

Penyelenggara : Bunuh diri,Tang Lebun & Lorong Syndicate
Supported – bunuhdiri cloth, lorong syndicate magz & All in
For info – 08563437206 (X-go)





Tidak ada komentar: